Winnie The Pooh

Sabtu, 21 April 2018

ETIKA & PROFESIONALISME TSI : JENIS ANCAMAN ( TRAPDOOR dan BACTERIA)


ETIKA & PROFESIONALISME TSI




Nama :
Hanifah Awaliah         (14114158)
Kelas               : 4 KA 13
Dosen              : Farida








SISTEM INFORMASI
ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2017/2018


Jenis Jenis Jenis Ancaman (Threat) Pada Komputer Jenis Ancaman (Threat) Pada Komputer. Jelaskan 2 jenis ancaman tersebut. Upload juga di studentsite sebagai tulisan .

TRAPDOOR DAN BACTERIA

Jawaban :

TRAPDOOR
Trapdoor adalah jebakan yang digunakan untuk menjebak administrator agar menjalankan perintah tertentu yang nantinya dengan perintah tersebut penyusup bisa mendapatkan jalan untuk mendapatkan previlege root. Trapdoor adalah kode yang menerima suatu barisan masukan khusus atau dipicu dengan menjalankan ID pemakai tertentu atau barisan kejahatan tertentu.  Trapdoor telah dipakai secara benar selama bertahun-tahun oleh pemogram untuk mencari kesalahan program. Debugging dan testing biasanya dilakukan pemogram saat mengembangkan aplikasi. 
CONTOH KASUS :
Sebagai contoh, seorang user meminta admin untuk menjalankan program yang tidak bisa dijalankan oleh user biasa, dan ketika admin memasukkan password root, password tersebut telah terekam oleh user tersebut karena sebelumnya telah menjalankan program yang mempunyai tampilan login untuk menyadap password. Pada kasus nyata, auditor (pemeriksa) perangkat lunak dapat menemukan trapdoor pada produk perangkat lunak dimana nama pencipta perangkat lunak berlakuk sebagai password yang memintas proteksi perangkat lunak yang dibuatnya. Adalah sulit mengimplementasikan kendali-kendali perangkat lunak untuk trapdoor.


CONTOH :
Trapdoor telah dipakai selama bertahun-tahun oleh pemogram untuk mencari kesalahan program.  Contoh : Keepass.exe
Gangguan yaitu melakukan penyimpanan/pencatatan password tanpa diketahui user sedang diserang.
Berjalan biasa pada browser Mozilla dan IE untuk melaukan pengkopian password dan username korban. Antivirus yang dapat menangani belum ada. Solusinya yaitu dengan install broswer baru seperti Chrome dan Safari. 

CARA KERJA TRAPDOOR :
Sistem login trapdoor mungkin mengambil bentuk kombinasi pengguna dan kata sandi keras yang memberikan akses ke sistem.
Contoh:
     Semacam trap digunakan sebagai perangkat plot / versi browser baru untuk menekan kelaparan karena beban kerja di browser.
      Mode simulasi permainan video dan interaksi langsung dengan kecerdasan buatan
      Meskipun jumlah trapdoor dalam sistem yang menggunakan perangkat lunak (perangkat lunak yang kode sumbernya tidak tersedia untuk umum) tidak secara luas dikreditkan, namun sering terinfeksi. Programmer bahkan berhasil secara diam-diam memasang kode jinak dalam jumlah besar sebagai hadiah dalam program, meskipun kasus semacam itu mungkin melibatkan instansi resmi, jika bukan izin sebenarnya.
      Permintaan Apps / Games di facebook digunakan untuk meminta Anda MENGIZINKAN aplikasi untuk mengakses informasi Anda untuk diproses lebih lanjut, sebagian besar orang hanya MENGIZINKAN Aplikasi / Permintaan untuk mengakses informasi di sana.

SEJARAH TRAPDOOR :
Gagasan tentang trapdoor asimetris diperkenalkan oleh Adam Young dan Moti Yung dalam Proceedings of Advances in Cryptology: Crypto '96. Trapdoor asimetris hanya dapat digunakan oleh penyerang yang menanamnya, meskipun penerapan penuh trapdoor  menjadi publik (misalnya, melalui penerbitan, ditemukan dan diungkapkan oleh rekayasa , dll.). Selain itu, komputasi sulit dikendalikan untuk mendeteksi adanya trapdoor asimetris di bawah kotak hitam. Kelas serangan ini disebut kleptografi; mereka dapat dilakukan dalam perangkat lunak, perangkat keras (misalnya, kartu pintar), atau kombinasi keduanya. Teori pintu perangkap asimetris adalah bagian dari bidang yang lebih besar sekarang disebut cryptovirology.

BACTERIA 

BACTERIA
Bacteria atau disebut juga “Rabbbit” adalah program yang mengkonsumsi sumber daya sistem dengan mereplikasi dirinya sendiri. Bacteria tidak secara eksplisit merusak file. Tujuan program ini hanya satu yaitu mereplikasi dirinya. Program bacteria yang sederhana bisa hanya mengeksekusi dua kopian dirinya secara simultan pada sistem multiprogramming atau menciptakan dua file baru, masing-masing adalah kopian file program bacteria. 

CONTOH KASUS :
Satu-satunya akun orang pertama dari program ini berasal dari Bill Kennedy, yang tampaknya menegaskan bahwa program bacteria secara sadar dikodekan. Semua akun lain dari program ini dibaca seperti legenda perkotaan, atau dibaca seperti bacteria tidak dikodekan secara sadar, namun disebabkan oleh beberapa kesalahan dalam cara sistem operasi menangani sebuah program yang yang tidak berjalan.
Ada dugaan sebuah hack yang disebut "Kelinci" di komputer Burroughs 5500 di University of Washington Computer Center pada tahun 1969. Tidak ada penjelasan tentang jenis "hack" apa adanya, artinya bisa jadi sebuah perintah diketik dengan cara tertentu atau bug dalam suatu program. Jika itu adalah program yang dibuat secara sadar, maka itu mungkin akan mendahului Creeper sebagai program replikasi diri pertama.

CONTOH :
Contoh program bacteria salah satunya adalah Brontok.exe. Gangguannya berupa melakukan hide terhadap folder / file asli dan akan memperbanyak diri jika dia tidak sengaja dijalankan. Bagian pada program yang diserang adalah seluruh folder.
Dalam penanganannya terhadap bacteria, antivirus yang dapat antara lain Kaspersky, Pcmedia antivirus, brontok killer.  

CARA KERJA BACTERIA :
Ketika bacteria dieksekusi, salinannya dan mengirimkannya dua kali melalui input job input ASP. Waktu yang lebih dengan begitu banyak salinan bacteria akan berjalan sehingga menyumbat sistem, membuatnya program berjalan lambat dan membuatnya lebih sulit untuk menghapus program ini.
Komputer dimana tempat program bacteria dijalankan akan mengalami perlambatan dan tersumbat sampai hampir tidak dapat digunakan lagi. Membersihkan sistem adalah proses yang panjang dan rumit.

SEJARAH BACTERIA :
Kelinci atau Bacteria adalah program yang muncul pada tahun 1974. Kemungkinan program replikasi ketiga, setelah Creeper dan Reaper. 

REFERENSI :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar